laa Tahzan

"Bergembiralah & berbahagialah ! Jalani hidup ini apa adanya dengan penuh ketulusan dan keriangan "

Tuesday, February 14, 2006

M i n t a S u m b a n g a n


Ribuan hektar tanaman padi rusak dan tidak bisa dipanen, yang seharusnya sekarang sudah panen raya. Gagal Total. Tidak hanya tanaman padi saja, jagung dan tebu mengalami hal yang sama.
Hujan yang terus menerus dari bulan Desember, telah meneggelamkan Desa Banjarsari, Ngantru, Binteng, Mintobasuki, Babalan, Gempolsari dan Beringinwaren yang ada diwilayah Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.
Ada 200 anak sekolah SMPN 2 Gabus yang tinggal didaerah yang kena banjir, sebagian besar buku-buku mereka sudah tidak bisa dipakai, dikarenakan terendam air banjir. Bahkan ada yang seragam sekolahnya sudah hanyut entah kemana.

Sewaktu dalam perjalanan untuk melihat dilapangan langsung, dengan masuk kedalam perkampungan yang terkena banjir tersebut, mereka bilang kalau air banjir ini sudah hampir 2 bulan lebih, tidak surut-surut.
Banyak sudah yang mengalami penyakit gatal-gatal dan penyakit yang lainnya yang diakibatkan banjir.
Kalau dilihat dari keadaan airnya, air banjir itu memang sudah lama menggenangi desa tersebut, terlihat lewat jepretan foto ini. Airnya tidak keruh, tetapi sudah seperti air sungai, agak jernih.
Padahal perahu itu meluncur diatas jalan menuju kampung tsb.
Tanaman Jagung yang belum sempat dipanen menjadi tanaman puso.
Secara ekonomis, kerugian yang diderita petani sangat besar sekali. Penderitaan ini dialami oleh mereka tiap 2 tahun sekali, katanya. Dan kepedulian pemerintah setempat untuk menyelasaikan masalah ini kelihatannya sangat minim sekali, terbukti dengan seringnya mereka mengalami hal seperti ini. Dan masyarakat sudah menyiapkan perahu sebagai alat transportasi kalau banjir.
Salah satu dari guru SMPN 2 Gabus, telah berinisiatif untuk menggalang dana untuk murid-muridnya yang kena musibah untuk diberikan perlengkapan sekolah yang rusak karena banjir.
Dalam kesempatan ini, gw ingin meneruskan kepada para blogger untuk turut berpatisipasi dengan memberikan sumbangan langsung kepada :

SMPN 2 Gabus

Jl. Raya Pati - Gabus Km 5 , Kode Pos 59173, Pati Jawa Tengah.
Kontak Personnya :Bapak Sofi'i, SPd
Mobil Phone: +628156547891.
Kalau mau tahu lebih lanjut hubungin alamat diatas.Insya Allah, bapak ini orangnya amanah.
semoga amalannya mendapat balasan dari Tuhan Yang Maha Esa. Amin.