laa Tahzan

"Bergembiralah & berbahagialah ! Jalani hidup ini apa adanya dengan penuh ketulusan dan keriangan "

Sunday, January 08, 2006

De J a V u

Sore hari baru dapat pemberitauan untuk survey tempat bencana tanah longsor didaerah Banjarnegara, untuk membantu korban bencana. Rencana setelah sholat subuh berangkat dari mess kantor.
Sewaktu bangun tuk sholat lail, ada sms " Berangkat jadi jam 6 pagi ". Kita berangkat berlima termasuk supir.
Sepertinya de javu, dulu awal taun 2005 tanggal 5 januari juga gw berangkat ke Aceh untuk jadi relawan bencana Tsunami. Sekarang berangkat lagi untuk bencana alam di Banjarnegara.
Ada 182 rumah yang terkubur tanah sebanyak 200 ribu M3 yang telah menutup tanah kurang lebih 4 ha.Dengan ketebalan tanah 3 Meter s/d 6 Meter. Ada 7 kecamatan di Banjarnegara yang tanahnya labil, tidak menutup kemungkinaan ada kejadian lagi. Ditambah lagi dengan ketidak ramahan kita dalam mengelola hutan, akan mempercepat proses bencana. Sangat manusiawi jika masyarakat sekitar hutan akan memanfaatkan hutan sebagai penopang hidup mereka, apalagi dengan kondisi perekonomian yang susah seperti sekarang. Apalagi mereka tidak bisa mengakses ekonomi disektor lain , mau tidak mau mereka akan mengandalkan hutan. Tanpa melibatkan masyarakat sekitar hutan dalam pelestarian alam, akan sulit terwujud. Adalah kewajiban pemerintah bagaimana mereka bisa menfaatkan hutan sebagai penopang ekonomi tanpa merusaknya.

Antusias masyarakat sekitar korban bencana menonton, malahan merepotkan pekerja evakuasi. Para penonton tetap saja mendekat kelokasi, walaupun sudah ada peringantan untuk menjauh. Karena penonton membaur dengan relawan, petugas tidak bisa membedakannya mana relawan, mana penonton.Walaupun mereka telah kehilangan kerabat, harta benda, nampak raut kepasrahan dalam menerima cobaan.
Untuk obat-obatan maupun sembako bagi pengungsi sementara waktu sudah kecukupan. Yang perlu dipikirkan adalah kapan anak-2 mereka bisa sekolah lagi dan rencana pemda setempat membangun rumah untuk mereka. Ada wacana pemda setempat untuk merelokasi.